13 April 2018 10:03 am

Nutrisi Yang Bunda Perlukan Saat Usia Kehamilan Masuk Trimester 2

Nutrisi Yang Bunda Perlukan Saat Usia Kehamilan Masuk Trimester 2
Rasanya lega ya, Bu, ketika memasuki trimester 2 masa kehamilan. Saat ini, morning sickness berkurang. Jadi Ibu bisa makan makanan favorit Ibu lagi. Namun, bukan berarti nutrisi untuk ibu hamil tidak dijaga ya, Bu. Dari artikel medis yang saya baca, justru saat ini, Ibu harus memerhatikan kebutuhan nutrisi yang penting bukan hanya untuk Ibu, tapi juga untuk pertumbuhan  janin dalam kandungan. Berikut ini sejumlah nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil di trimester 2.

Protein
Menurut sebuah situs kesehatan bayi, Protein sangat dibutuhkan selama masa kehamilan, terutama pada trimester 2 dan 3. Pada masa tersebut, janin sedang berkembang dengan pesat dan tubuh Ibu harus bisa menyediakan nutrisi baik untuk janin. Ibu biasanya diminta unuk menjaga janin mencapai berat tertentu oleh dokter. Nah, Protein ini bisa membantu hal tersebut. Asam Amino yang membentuk Protein dibutuhkan untuk pertumbuhan sel (termasuk sel otak) dan jaringan tubuh janin sehingga berat janin pun bisa bertambah. Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi 2013, Ibu hamil membutuhkan tambahan Protein 20 gram/harinya. Ibu bisa mendapatkan asupan Protein dari bahan makanan telur, susu, ikan, daging merah, daging putih, kacang-kacangan dan hasil olahannya. Adapun tambahan 20 gram Protein per harinya bisa didapat dengan mengonsumsi 2 gelas susu ibu hamil Frisian Flag Mama dengan rasa cokelat yang lezat.

Kalsium
Pada masa kehamilan trimester 2 dan 3, janin mulai membentuk tulang. Menurut peneliti dari University of Chicago, Murray Favus, janin membutuhkan banyak Kalsium untuk pertumbuhan tulangnya. Kebutuhan tersebut diambil dari makanan yang dikonsumsi oleh Ibu ataupun Kalsium yang terdapat di dalam tulang Ibu. Bayangkan kalau Ibu tidak mengonsumsi banyak Kalsium, bisa-bisa tulang Ibu menjadi keropos dan tulang janin tidak berkembang. Ibu hamil berusia 19-50 tahun memerlukan 1200 mg Kalsium/hari, sedangkan Ibu dengan usia di bawah 19 tahun memerlukan 1400 mg/Kalsium per harinya (Angka Kecukupan Gizi 2013). Jumlah ini bisa berubah tergantung kondisi tubuh Ibu dan janin. Nah, untuk memenuhinya, Ibu bisa mengonsumsi susu ibu hamil dan produk olahannya, sayuran hijau, serta tahu. Kalsium dalam produk susu berada dalam bentuk yang lebih mudah dicerna dan diserap oleh tubuh karena berada dalam bentuk yang lebih alami.

Vitamin D
Menurut Angka Kecukupan Gizi 2013, kebutuhan wanita usia 19-50 tahun untuk Vitamin D per harinya adalah 15 mcg. Perlu diketahui bahwa Vitamin D mendukung daya tahan tubuh, kesehatan sel dan tulang Ibu hamil. Nutrisi ini juga memengaruhi kesehatan janin trimester 2. Vitamin D membantu janin menyerap lebih banyak kalsium untuk tubuhnya. Nutrisi ini biasanya ditemukan dalam kuning telur, ikan salmon, minyak ikan kod, dan susu serta produk olahannya. Bukan hanya yang sudah disebutkan di atas, Ibu pun tetap perlu menjaga asupan lainnya, seperti Zat Besi, Karbohidrat, dan Asam Folat yang sudah disarankan sejak awal kehamilan. Yuk, mulai lengkapi
, supaya si Kecil tumbuh kuat, tinggi, dan pintar nantinya! 
Blog Post Lainnya
Social Media
Kontak Kami :
CS 1 : 0857-4322-1972
CS 2 : 0877-3280-1222
Admin : 0859-5905-5079
info@hanaroo.co.id
Ekspedisi
@2018 Hanaroo Inc.